SEMARANG – Papan menjadi salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Beragam terobosan pun dilakukan pemerintah dan swasta, agar masyarakat mampu memiliki rumah dengan harga terjangkau. Hal tersebut diwujudkan dalam perumahan bersubsidi atau Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

“Sebanyak 11 pengembang perumahan bersubsidi atau FLPP, ikut meramaikan kegiatan pameran FLPP yang diselenggarakan DPD REI Jawa Tengah. Mereka menawarkan berbagai promo menarik kepada konsumen. Pameran kita gelar di Java Mall Semarang, mulai 22 November hingga 3 Desember mendatang,”papar Wakil Ketua Bidang Rumah Tapak dan Sederhana DPD REI Jateng, Fachron disela pameran, Minggu (26/11).

Lebih jauh dipaparkan, pameran ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah satu juta rumah, termasuk memfasilitasi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) untuk memiliki rumah. “Kami juga mengejar target penjualan 10.000 unit rumah hingga akhir tahun. Saat ini baru tercapai 8.000 unit. Mudah-mudahan kita bisa mencapainya, atau paling tidak bisa lebih mendekati,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga menggandeng pihak perbankan yakni BTN dan Bank Mandiri. Harapannya, akan semakin mempermudah masyarkat dalam melakukan proses pembiayaan rumah FLPP.

“Kita mendukung penuh kegiatan pameran FLPP ini. Termasuk dengan menawarkan berbagai kemudahan bagi konsumen untuk memiliki rumah. Mulai dari kemudahan dengan akad suku bunga 5 persen. Uang muka pun bisa mulai 1 persen dan cicilan rumah subsidi bisa hingga 20 tahun, sedangkan rumah nonsubsidi 30 tahun,” papar Deputi Branch Manager Bisnis BTN Kantor Cabang Semarang, Noor Ridlo.

Hal senada juga disampaikan Vice Presiden Consumer Loan Region VII Jawa 2 Bank Mandiri, Dwipo Argo Susetyo. Dijelaskan,melalui pameran tersebut pihaknya menyediakan fasilitas KPR FLPP bagi masyarakat, serta fasilitas kredit konstruksi perumahan bagi pengembang. “Bank Mandiri juga akan mengoptimalkan penyaluran FLPP untuk anggota ASN, TNI, Polri serta karyawan perusahaan yang ber-payroll di Bank Mandiri dengan kategori layak dan berhak mendapatkan perumahan bersubsidi,” ungkapnya.

Pihaknya berharap pameran perumahan FLPP ini bisa dimanfaatkan masyarakat dengan baik, sehingga kebutuhan akan rumah dapat terpenuhi. Rumah FLPP sendiri merupakan rumah sederhana,yang ditawarkan dengan harga sangat terjangkau. Hal tersebut bisa terjadi karena ada subsidi dari pemerintah. Tidak hanya itu, rumah FLPP memang khusus diberikan bagi masyarakat berpenghasilan rendah. rix

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *