SEMARANG – Diraihnya ISO 9001:2015, menjadi bukti komitmen PT New Ratna Motor dan Nasmoco Group, untuk konsisten mempertahankan serta meningkatkan mutu layanan berstandar internasional kepada pelanggan setia Toyota.

Hal tersebut disampaikan Managing Director Nasmoco Group Fatrijanto, disela penyerahan penyerahan sertifikat ISO 9001:2015 dari PT TUV Rheinland Indonesia, di Semarang, Selasa (27/11) malam.

“Proses sertifikasi ISO 9001:2005 tidak mudah dan memakan waktu yang lama, kurang lebih enam bulan Trust Consulting sebagai konsultan yang membimbing agar semua proses dapat terpenuhi. Ini mulai dari kick-off ISO 9001:2015, initial review, gap analysis, awareness & risk management training, design & development procedure, implementation, internal audit, management review meeting dan terakhir eksternal audit,”paparnya.

Ditandaskan, raihan ini semakin melengkapi pencapaian PT New Ratna Motor dan Nasmoco Group yang telah memenuhi standarisasi dari PT Toyota Astra Motor. Khususnya terkait dengan operasional di area sales maupun aftersales.

“Kita juga berharap dengan organisasi yang efektif dan efisien, sekaligus disertai sistem kerja yang terstruktur maka kepuasan pelanggan akan terwujud. Standar layanan ini akan kita terapkan, diseluruh dealer Nasmoco yang ada di Jateng-DIY,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan GM Corp HRD & Performa Management PT Bintraco Dharma Tbk Kartini Aprilia. Dijelaskan, sebagai perusahaan induk dari PT New Ratna Motor dan Nasmoco Group, pihaknya mengapresiasi positif capaian tersebut.

“Ini sejalan dengan prinsip kami, yang menempatkan customer sebagai prioritas. Kita berharap dengan raihan ISO 9001:2005 ini, bisa lebih memberikan product dan service terbaik kepada kosumen. Sekaligus meningkatkan motivasi kinerja agar lebih baik,” terangnya.

Sementara, Head of TUV Rheinland Indoesia Sapto Haryono menyatakan, satu dari beberapa standar yang diakui secara internasional adalah standar ISO ini. Apa yang diimplementasikan di Nasmoco dan New Ratna Motor sama dengan yang diimplementasikan oleh perusahaan lain di negara lain yang telah memeroleh sertifikat ISO 9001:2005.

“Tidak mudah dalam menerapkan sistem penjaminan mutu, tidak hanya diterapkan oleh top manajemen tetapi sampai layer terbawah. Semua akan serba terkontrol dengan sistem penjaminan mutu ini,” tuturnya.

Sertifikat yang berlaku selama tiga tahun ini, akan terus dievaluasi secara periodik sertiap tahun oleh TUVRheinland Indonesia. “Jadi kita tidak hanya sekedar memberikan, namun juga mengawasi. Kita lakukan survey, apakah standar layanan tersebut bisa dipertahankan, apakah penerima sertifikat melaksanakan sesuai proses yang disyaratkan dalam ISO 9001:2005 atau tidak. Jika ternyata tidak melaksanakan proses yang sesuai, maka statusnya bisa dilakukan penangguhan. Jadi ini benar-benar sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan,”pungkasnya. rix

MENYERAHKAN – Head of TUV Rheinland Indoesia Sapto Haryono, menyerahkan sertifikat ISO 9001:2015 kepada Managing Director Nasmoco Group Fatrijanto didampingi jajaran di Semarang, Selasa (27/11) malam. Foto Arixc Ardana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *