YOGYAKARTA – Mengantisipasi lonjakan trafik layanan pada periode Natal hingga Tahun Baru 2019, Telkomsel memperkuat seluruh elemen jaringannya. Sebanyak 27 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS, dikerahkan di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat. Hal ini untuk menjamin kenyamanan pelanggan, menggunakan layanan komunikasi di wilayah Jateng dan DIY.

Selain itu, secara khusus, Telkomsel membangun 776 base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) baru, dengan menyiapkan kapasitas bandwidth hingga 4,2 Tbps di seluruh Indonesia untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai.

“Optimalisasi jaringan dilakukan di 63 titik, yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru. Diantaranya, alun-alun, obyek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, mall dan pusat perbelanjaan. Telkomsel juga telah mengantisipasi kenaikan trafik data dan pengamanan jaringan di lokasi infrastruktur baru, seperti jalur tol dan bandara yang sudah beroperasi,” papar ,”papar General Manager ICT Operation Region Jateng & DIY Telkomsel Hersetyo Pramono, di Yogyakarta, Selasa (18/12).

Tercatat ada tiga lokasi yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan di wilayah Jateng-DIY yakni Jl Malioboro Yogyakarta, Simpang Lima Semarang dan Jl Slamet Riyadi Surakarta. “Khusus mall dan pusat perbelanjaan, Telkomsel telah mengoptimalkan jaringan 4G untuk mengantisipasi lonjakan trafik data di 6 titik yakni Grand Artos Magelang, Hartono Mall Yogyakarta, Hypermart Pekalongan, Pacific Mall Tegal, Moro Mall dan Rita Supermall Purwokerto,” lanjutnya.

Pada puncak periode Natal dan Tahun Baru 2019, trafik layanan data atau payload diperkirakan meningkat 36.66 % dibandingkan hari biasa. Kenaikan trafik layanan data ini, akan didominasi oleh trafik layanan video sebesar 20 %. Di sampig itu pelanggan memanfaatkan layanan data untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui layanan media sosial, pesan instan, mendengarkan musik secara streaming, serta bermain online games. Berbanding terbalik dengan layanan data, trafik layanan SMS diprediksi mengalami penurunan sekitar -3%, sedangkan trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun tipis, sekitar -0.3% dibandingkan hari biasa, hal ini dikarenakan adanya kenaikan peggunaan data untuk service OTT (on top technology) seperti WhatsApp, LINE dll.

Dari sisi pelayanan pelanggan, Telkomsel telah menyiagakan 43 Mobile GraPARI (MoGi) dan 143 outlet Siaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, serta aktivasi berbagai layanan digital. Pelanggan pun bisa memperoleh layanan di sekitar 5 GraPARI Siaga di seluruh wilayah Jateng- DIY. Rix

MEMAPARKAN – M ICT Operation Region Jateng & DIY Telkomsel Hersetyo Pramono, memberikan arahan terkait kesiapan Telkomsel  dalam mengantisipasi lonjakan trafik layanan di periode liburan Natal hingga Tahun Baru, kemarin. Foto dok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *