MEMAPARKAN – Pembicara saat memaparkan materi dalam workshop ‘Manajemen Pemasaran Online Produk Unggulan’ yang digelar mahasiswa KKN UPGRIS di Kelurahan Bringin, Ngaliyan Semarang, kemarin. Foto dok

SEMARANG – Pemasaran online adalah suatu keharusan, terlebih bagi usaha kecil dan pemula. Selain cakupan jangkauan pemasaran yang sangat luas, metode ini juga tidak memerlukan biaya besar. Namun disatu sisi, muncul sejumlah pertanyaan seperti bagaimana memulai usaha pemasaran online, atau strategi pemasaran online, dan platform apa yang cocok digunakan.

Hal tersebut mendorong mahasiswa KKN UPGRIS di kelurahan Bringin, Ngaliyan Semarang menggelar workshop ‘Manajemen Pemasaran Online Produk Unggulan’,yang diikuti anggota karang taruna, pelaku usaha UMKM serta ibu PKK di kelurahan tersebut.

“Pemasaran online saat ini sangat marak, dan digemari berbagai kalangan dari anak muda hingga ibu-ibu . Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk memfasilitasi untuk jual beli tersebut seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazzada hinga Shopee. Kita berharap melalui pelatihan ini, para pelaku usaha UMKM bisa memanfaatkan media sosial hingga aplikasi online, dalam memasarkan produk mereka,” papar koordinator KKN UPGRIS Kelurahan Bringin Muhamad Tauchid, disela kegiatan.

Dipaparkan, ada banyak produk unggulan yang bisa ditemukan di kelurahan tersebut, mulai dari wingko petruk, kerajinan fanel, tahu bakso hingga bawang goreng. “Kita berharap dengan memanfaatkan teknologi informasi, khususnya pemasaran online, beragam produk unggula ini bisa semakin dikenal luas oleh masyarakat,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan staff kelurahan Nizar Zulmi Novitasari. Dipaparkan,  sebelumnya banyak pelaku UMKM yang sudah mencoba berjualan online namun tidak tidak terlalu berhasil. “Di kelurahan Bringin, ada beragam produk unggulan terutama wingko petruk. Meski demikian, mungkin saja banyak yang belum tahu apa itu wingko petruk. Harapannya, dengan pelatihan ini produk-produk ini bisa semakin dikenal dan menjadi ciri khas dari kelurahan Bringin,” tandasnya.

Sementara, dosen UPGRIS sekaligus pemateri Latif Anshori SPd MPd menuturkan pemasaran online sangat penting dan berguna untuk masyarakat, karena dapat meningkatkan pendapatan masyarakat kelurahan Bringin, sekaligus semakin memperkenalkan produk unggulan di kelurahan tersebut.

Dirinya juga mengajak para peserta untuk memanfaatkan media sosial, termasuk pemasaran online dalam memperluas cakupan pasar. “Selama ini, produk dari ibu-ibu ini hanya terbatas dijual di toko fisik, dengan memanfaatkan pemasaran secara online, maka cakupan pasarnya akan lebih luas. Produk yang dijual juga akan lebih dikenal oleh masyarakat, tidak hanya di Semarang, namun bisa seluruh Indonesia, bahkan dunia,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga turut diajarkan bagaimana pemanfaatan media sosial terutama facebook, sebagai toko online, yang nantinya akan digunakan oleh para peserta dalam memasarkan produk mereka.rix

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *