BUDIDAYA – Mahasiswa KKN UPGRIS di Desa Sriwulan Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, menunjukkan bibit lele yang akan dibagi kepada masyarakat, disela pelatihan budidaya ikan lele di wilayah tersebut, kemarin. Foto dok

KENDAL – Desa Sriwulan Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal memiliki potensi perikanan yang tinggi. Hal ini didukung dengan luas lahan yang cukup dan sumber perairan yang baik. Namun, sumber daya alam tersebut,  belum dimanfaatkan dengan optimal oleh warga setempat.

“Sebagian besar warga hanya mengandalkan perekonomianya pada sektor pertanian saja. Hal ini dikarenakan kurangnya bekal warga pada sektor perikanan. Akan lebih menguntungkan jika warga setempat, mampu memanfaatkan sumber daya tersebut untuk meningkatkan taraf perekonomian warga,”papar perwakilan mahasiswa KKN UPGRIS M Wildan.

Hal tersebut, mendorong pihaknya menggelar pelatihan perikanan berupa ikan lele. Menggandeng Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kendal, mahasiswa KKN UPGRIS menggelar Pelatihan Budidaya Ikan Lele.

Warga Desa Sriwulan sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut. Selain melaksanakan pelatihan, mahasiswa KKN juga membagikan 6.000 bibit ikan lele kepada warga. “Kami mahasiswa KKN UPGRIS berharap dengan pembagian 6.000 bibit ikan lele ini, dapat di manfaatkan dan di kembangkan warga dengan baik, sehingga perekonomian warga Desa Sriwulan juga meningkat,” tandas Widan, yang juga ketua panitia kegiatan tersebut.

Sementara, satu pemateri dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kendal, Joko menuturkan potensi budidaya perikanan di wilayah tersebut tinggi. “Sumber perairan di Desa Sriwulan sangat baik, air yang melimpah ini saya rasa sangat mendukung dalam budidaya ikan. Ini sebuah keuntungan, jika dibandingkan dengan desa lain yang masih memerlukan perairan secara manual,” paparnya. Rix

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *