SEMARANG – Teknologi informasi memudahkan konsumen dan produsen dalam melakukan transaksi jual beli, khususnya dengan memanfaatkan online shop. Beragam kemudahan dalam berbelanja, dan bermacam jenis produk dan jasa yang ditawarkan, menjadikan toko daring menjadi tujuan favorit masyarakat dalam mencari kebutuhan.

Toko daring atau online shop ini, menjadi wadah yang tepat dalam membantu memasarkan produk , khususnya UMKM. Hal tersebut mendorong mahasiswa KKN UPGRIS di Kelurahan Kalipancur Semarang, menggelar pelatihan pemasaran digital dengan memanfaatkan toko online dan media sosial.

“Kampung Mayangsari Kelurahan Kalipancur ini, merupakan kampung tematik dengan sebutan Kampung Snack. Berbagai produk makanan ringan atau snack bisa ditemukan disini, namun selama ini pemasaran yang dilakukan masih terbatas secara konvensional,” papar Koordinator Kelurahan KKN UPGRIS Hermawan Suharso, disela pelatihan Pemasaran Produk Berbasis Digital bersama Google Gapura Digital, yang digelar di kelurahan tersebut, kemarin.

Disatu sisi, warga Kampung Mayangsari juga masih kurang mahir dalam bermedia sosial, sehingga dibutuhkan pelatihan untuk memperkenalkan kampung tematik ini secara daring. “Media sosial ini juga dimanfaatkan, sebagai media promosi. Untuk itu, pemasaran secara online sangatlah perlu untuk menunjang eksistensi dan kemajuan kampung tematik ini,” tandasnya.

Dalam perlatihan tersebut, pihaknya mengundang dosen UPGRIS Agung Pambudi,sebagai pembicara. “Kita berharap dengan adanya pelatihan ini, dapat meningkatkan pemasaran dari produk yang dihasilkan oleh masyarakat Mayangsari sehingga terciptalah masyarakat yang sejahtera. Produk makanan ringan yang dihasilkan, juga semakin dikenal secara luas,”pungkas Hermawan. Rix

PELATIHAN – Tim mahasiswa KKN UPGRIS di Kelurahan Kalipancur Semarang, saat menggelar pelatihan Pemasaran Produk Berbasis Digital bersama Google Gapura Digital, yang digelar di kelurahan tersebut, kemarin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *