BENDAN DHUWUR – Refleksi Karya Unika Soegijapranata 2019, kembali mengingatkan civitas akademika untuk memperhatikan dan menyayangi bumi, hingga lingkungan tempat tinggal.

Peringatan karya setahun tersebut, dimulai dengan menanam berbagai jenis pohon dan tanaman di lingkungan kampus Bendan Dhuwur, Semarqng, Kamis (21/2). Kegiatan tersebut sekaligus menjadi simbol keberpihakan, pada alam.

“Usaha-usaha ini terus dilakukan di Unika Soegijapranata melalui kampanye anti Styrofoam, penggunaan tumbler air minum, pengurangan sampah plastik, penerapan sistem paperless, penggunaan listrik secara bijak, dan pengembangan hutan kampus,”papar Rektor Unika Soegijapranata Prof Ridwan Sanjaya, disela kegiatan.

Diterangkan, meskipun belum sempurna, pihaknya  harus melakukannya dengan penuh komitmen secara konsisten. “Terlebih , 21 Februari merupakan waktu yang baik untuk mengingat kembali karena bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN),” tambahnya.

Prof Ridwan menyampaikan, bahwa dalam 37 tahun ini Unika Soegijapranata sudah melangkah di jalur yang benar.  Contohnya, sejak awal berdirinya, program studi Arsitektur telah mengusung Eco-settlement atau Eko Pemukiman sebagai Pola Ilmiah Pokok universitas ini.

Hal tersebut berarti para pendiri Unika telah memandang jauh ke depan bagaimana mengelola universitas dengan tetap memperhatikan lingkungan demi keselarasan, kelestarian, dan keberlanjutan ekosistem.

Tema karya Keterlibatan Sinergis, yang diusung pada tahun ini mendorong warga Unika Soegijapranata, untuk saling bahu-membahu dan saling mengisi celah masing-masing. Tujuannya, agar dapat menghasilkan pelayanan yang lebih optimal, dan karya yang bermanfaat bagi masyarakat.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga ikut mendukung kegiatan ini melalui penyediaan beberapa ratus pohon, mendampingi pohon dan tanaman yang telah disediakan oleh universitas.

Kepala Balai Sertifikasi dan Perbenihan Tanaman Hutan, Heru Djatmika, menyampaikan dukungan Pemprov pada usaha Unika Soegijapranata.

“Ini menjadi bagian dari dukungan kita kepada masyarakat, khususnya civitas akademika Unika Soegijapranata, dalam mendukung program penghijauan yang digalakkan pemerintah,”tandasnya. Rix

MENANAM – Rektor Unika Prof Ridwan Sanjaya, serta Kepala Balai Sertifikasi dan Perbenihan Tanaman Hutan, Heru Djatmika saat menanam pohon dalam refleksi karya di kampus Bendan Dhuwur, Kamis (21/2). Foto Arixc Ardana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *