Bak seorang peragawati profesional, Rizka Evita Mayasari berjalan berlenggak lenggok di atas panggung. Mengenakan kebaya tradisional, ibu rumah tangga ini tampak luwes membawakan diri. Sesekali dirinya juga menyapa penonton, yang memenuhi gelaran wedding expo di Trans Mart Setiabudi, Minggu (3/2).

Rizka dan 19 peserta lainnya, tengah mengikuti lomba keluwesan ‘Gemuk itu Cantik dengan Berkebaya’, yang digelar Ratu Kencana Wedding Gallery. Sesuai dengan tema yang diangkat, seluruh peserta merupakan para wanita ‘besar’.

“Seru dan menarik. Pertamanya agak ragu-ragu untuk mengikuti ajang ini tapi berkat dorongan teman-teman, jadi berani ikut serta,” paparnya.

Warga Telogomulyo Pedurungan ini mengaku tidak mempersiapkan diri secara khusus untuk mengikuti ajang tersebut. Dirinya mengaku sudah memikii pengetahuan dasar, tentang model atau pun fashion show. “Dulu semasa masih muda dan langsing, sudah sering. Sekarang kan sudah tidak langsing tapi ‘langsung’. Tapi ilmunya dulu masih ingat,” paparnya sembari tertawa.

Dirinya mengaku ajang yang mengakomodasi para perempuan ‘besar’ tersebut, jarang ada. Padahal ada banyak para wanita ‘besar’ yang memiliki potensi. Tidak hanya sebatas kecantikan, namun juga brain dan behavior.

“Ajang ini mengasah kembali kepercayaan diri kita, sebab tidak jarang, mereka yang bertubuh gemuk seringkali minder. Padahal dia memiliki banyak potensi. Untuk itu, saya mengajak kepada para wanita ‘besar’ untuk berani menunjukkan kemampuan, potensi, bakat yang dimiliki,” tandasnya.

Hal senada juga disampaikan Raras Krida dari Ratu Kencana Wedding Gallery, sebagai penggagas acara. “Ide ini muncul saat saya selesai menunaikan ibadah sholat. Sebelumnya, ada klien yang saya nilai dia ini sosok yang cantik, mapan secara materi hingga profesi yang bagus. Namun dia tidak percaya diri mengenakan kebaya, karena tubuhnya gemuk,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya mengkreasikan lomba keluwesan ‘Gemuk itu Cantik dengan Berkebaya’. Menggandeng Totok Sahak, Modeling sebagai salah satu tim juri, dirinya berharap ajang tersebut bisa menjadi wadah bagi para wanita ‘besar’ untuk menyalurkan bakat dan minatnya di bidang fashion dan modeling.

“Terlebih pentingnya, mengajak mereka untuk jangan minder, tetap percaya diri dengan kondisi masing-masing. Tunjukkan bahwa gemuk itu cantik, kita tetap bisa berkreasi dan berkarya,” tandas Raras.

Terlepas dari kegiatan tersebut, desainer yang dikenal dengan nama Raras Krida Wedding Galery ini juga menghadirkan beragam kreasi kebaya modern dan tradsional. Di galeri miliknya, yang terletak di Jl Potrosari Lapangan No 8A Srondol Kulon Semarang ini, ada banyak koleksi yang bisa dipilih.

“Termasuk kita juga melayani pembuatann kebaya custom, sesuai dengan pesanan. Termasuk untuk ukuran besar. Dari 20 peserta yang ikut serta dalam lomba ini, lebih dari separuh peserta mengenakan busana kebaya dari kita,”pungkasnya. Rix

BERJALAN – Para peserta saat tampil dalam lomba keluwesan ‘Gemuk itu Cantik dengan Berkebaya’, yang digelar Ratu Kencana Wedding Gallery, disela wedding expo di Trans Mart Setiabudi, Minggu (3/2). Foto Arixc Ardana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *