SEMARANG – Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (FT Undip) terus memperkuat kompetensi kelembagaan, untuk mempertahankan capaian akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Hal tersebut disampaikan Dekan FT Undip Ir M Agung Wibowo MM MSc PhD, disela rapat kerja dalam rangka penguatan komitmen, dan peningkatan kualitas Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) fakultas di Hotel Grasia Semarang, kemarin.

“Menuju fakultas yang unggul di tingkat internasional berbasis riset pada 2020, kita perlu menyelenggarakan pendidikan yang unggul, sehingga mampu menghasilkan lulusan dengan kompetensi SDM tinggi. Melakukan riset, publikasi serta HAKI, tujuannya untuk mengasilkan paten, publikasi nasional dan internasional,” terangnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mendorong melaksanakan pengabdian masyarakat sehingga mampu menerapkan hasil penelitian. “Terakhir melakukan evaluasi secara teratur, dengan harapan mampu meningkatkan tata kelola efisien, akuntabel, transparan dan berkeadilan,” tegasnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga mendorong masing-masing departemen untuk meninjau kembali target kinerja yang akan dicapai pada 2019, sebagai bentuk komitmen terhadap kemajuan FT. “Beberapa indikator kinerja akan ditinjau kembali agar mendekati target fakultas, seperti target terhadap buku ajar, Proposal Kreatifitas Mahasiswa (PKM), Hak Kekayaan Interlektual (HKI) dan prosentase mahasiswa yang lulus tepat waktu,” tandas Agung.

Wakil Dekan I FT Undip Prof Dr Moh Djaeni ST MEng menambahkan, rapat kerja fakultas tersebut bertujuan untuk memperkuat koordinasi, sekaligus pemaparan target kinerja fakultas dengan universitas.

“Target indikator kinerja ini dibagi secara kolektif ke departemen, dengan rasio ketersediaan dan kapabilitas sumberdaya manusia, dan sarana prasarana, serta capaian kinerja tahun sebelumnya. Tujuan kedua, berupa pemberian bekal khususnya terkait K3 yang menjadi aspek penting penyelenggaraan pendidikan dan penelitian, pelayanan, serta kerja terkait laboratorium dan lainnya,”ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, FT juga memberikan apresiasi Quality Award 2019 bagi departemen yang memiliki capaian kinerja sangat baik, pada level nasional maupun internasional, atau pun capaian aspek proses belajar mengajar. 

Adapun pemenang untuk penghargaan tersebut adalah Arsitektur sebagai departemen dengan prosentase mahasiswa lulus tepat waktu terbanyak, Teknik Kimia sebagai departemen dengan prestasi mahasiswa terbaik, Teknik Sipil sebagai departemen dengan K3 terbaik, Teknik Industri sebagai departemen dengan website terbaik.

Selanjutnya, Teknik Geodesi dengan Tim GPM terbaik, Teknik Kimia sebagai kinerja publikasi terbaik, Perencanaan Wilayah dan Kota sebagai departemen dengan jumlah jurnal aktif terbanyak, dan Teknik Lingkungan sebagai departemen dengan tingkat kebahagiaan paling tinggi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para wakil dekan, kasubbag, ketua senat, ketua departemen, sekretaris departemen, ketua Gugus Penjaminan Mutu (GPM), Tim Penjaminan Mutu Fakultas (TPMF), Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPPM) dan perwakilan staff di lingkungan FT. Acara kemudian diakhiri dengan penandatanganan kontrak kinerja, antara dekan dengan ketua departemen.rix

FOTO BERSAMA – Dekan FT Undip Ir M Agung Wibowo MM MSc PhD, berfoto bersama perwakilan departemen usai penyerahan Quality Award 2019 disela rapat kerja dalam rangka penguatan komitmen, dan peningkatan kualitas K3 fakultas di Hotel Grasia Semarang, kemarin. Foto dok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *