SEMARANG – Usai sudah pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni Mahasiswa (Porsima) BEM UPGRIS 2019. Mempertandingkan 22 cabang olahraga, seni dan karya ilmiah, ajang tersebut menjadi wadah bagi mahasiswa untuk saling berkompetisi dalam menyalurkan bakat minat serta kemampuan akademik.

“Porsima ini menjadi wadah bagi mahasiswa, untuk mengukur kemampuan mereka di berbagai bidang seni, olahraga dan karya ilmiah. Ini juga sekaligus untuk menjaring bibit-bibit unggul di bidang tersebut. Khususnya pada cabang-cabang yang sering dilombakan di tingkat regional maupun nasional,” papar Rektor UPGRIS Dr Muhdi SH MHum, disela penutupan Porsima 2019 di Balairung Kampus I Sidodadi, Semarang, Kamis (11/4) malam.

Lebih jauh diterangkan, melalui Porsima dapat diukur sejauh mana kemampuan para peserta , setelah selama ini berlatih melalui unit kegiatan mahasiswa. Tidak hanya di bidang olah raga, namun juga seni dan karya ilmiah.

“Selain itu, tujuan kegiatan ini juga untuk menanamkan semangat kreativitas dan rasa sportivitas. Menang bukanlah tujuan utama. Tetapi meraih pengalaman selama mengikuti pekan acara ini, itulah tujuannya,” tambah Rektor.

Ia mengapresiasi pihak yang turut membantu penyelenggaraan Porsima UPGRIS, terutama mahasiswa. Menurutnya dengan jumlah cabang yang diperlombakan mencapai 22 jenis, membutuhkan stamina, kerjasama dan koordinasi yang bagus antar panitia.

Sebanyak 22 cabang tersebut diantaranya, 11 cabang olahraga di antaranya basket, voli, futsal, hingga karate, serta 10 cabang seni diantaranya cerpen, kompetisi band, monolog, seni tari, solo vokal hingga musikalisasi puisi. Ditambah satu cabang karya ilmiah.

“Pelaksanaan Porsima ini dinilai berhasil. Kedepan kita juga berencana akan bekerjasama dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, dalam pelaksanaan kegiatan yang ada di dalam program mereka. Harapannya, dengan melibatkan mahasiswa UPGRIS dalam pelaksanaan, mampu memberi manfaat dan pengalaman bagi mahasiswa kita,” tandasnya. rix

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *