SEMARANG – Rektor Undip Prof Yos Johan Utama memastikan pelayanan diberikan secara maksimal, dalam pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Termasuk termasuk layanan pada peserta difable.

“Kami sediakan sebanyak 1.850 komputer dan beberapa unit cadangan, untuk melayani peserta. Itu kami adakan secara mandiri, sehingga dapat langsung memantau dan memonitor jalannya test UTBK secara penuh,” ujarnya, disela tinjauan pelaksanaan UTBK, di kampus Undip Pleburan Semarang, Sabtu (13/4).

Dijelaskan, kesiapan ini juga terkait dengan antisipasi penuh terhadap kemungkinan joki yang mencoba menyusup sebagai peserta tes. “Insya Alloh, semua aman dan lancar karena petugas akan secara penuh mengawasi, dan mendeteksi secara berlapis persyaratan serta identitas peserta,” lanjutnya.

Dirinya juga berharap agar para peserta tidak percaya, dengan adanya oknum yang mengaku-ngaku bisa membantu mengerjakan soal atau mempunyai kunci jawaban. Hal tersebut, karena soal tiap hari dan tiap sesi akan berbeda bentuk dan typenya.

Di sela-sela monitoring, Prof Yos memberikan apresiasi pada panitia yang secara maksimal menyiapkan pelaksanaan UTBK, termasuk layanan pada peserta difable. “Setidaknya hal ini tampak dari kesiapan panitia pelaksana UTBK di Undip dan tidak adanya peserta datang terlambat saat ujian dimulai. Ruang test UTBK yang ditempati 20 sampai 40 peserta  rata-rata penuh dan hanya tampak 2-3 kursi kosong,” tandasnya.

Tahun ini jumlah peserta yang akan mengikuti test di Undip sebanyak 39.603 peserta, yang terbagi Kelompok Saintek 21.739 dan Kelompok Soshum 17.864.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, yang melibatkan beberapa sekolah di Semarang, pelaksanaan UTBK di Undip diselenggarakan secara mandiri yang dipusatkan beberapa fakultas yang berlokasi di kampus Tembalang dan kampus Pleburan. Pelaksanaannya pun di khususkan setiap hari Sabtu dan Minggu, selama 22 sesi hingga 26 Mei 2019. rix

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *