Perkembangan pola pikir masyarakat dewasa ini tidak dapat dilepaskan dengan peran serta media massasebagai social mirror yang menyajikan berbagai peristiwa dalam masyarakat. Media cetak menjadi salah satu saluran yang menghantarkan berbagai informasi ketengah masyarakat.

Dengan falsafah Wawasan “Suara Jawa Tengah”, bukan berarti bahwa segmentasi materi pemberitaan hanya mencakup lingkup Jawa Tengah saja. Meskipun Jawa Tengah menjadi materi berita mayoritas yang disajikan, perbagai peristiwa nasional dan internasional juga mendapat perhatian.

Materi berita difokuskan untuk berita Jawa Tengah denagn prosentase 60%, khususnya Semarang dan 40% untuk berita luar Jawa Tengah. Perbandingan space halaman juga mengalani perubahan menjadi 60% untuk berita dan 40% diharapkan terisi oleh ikian sesuai peraturan Menteri Penerangan.

Mengingat pertumbuhan industri media yang sangat pesat, keberadaan koran sore sudah tidak lagi menjadi satu-satunya media yang bisa memberikan infomasi secara cepat. Dan sesungguhnya bahwa di dunia ini tidak ada satupun Koran sore yang bisa menjadi Koran “besar”.

Menyadari akan hal tersebut, pada tanggal 10 Januari 2011 atas kebijakan manajemen, Wawasan berubah menjadi Koran pagi, seperti halnya Koran-koran lain yang beredar di Jawa Tengah dengan tidak meninggalkan identitasnya sebagai Koran pelengkap dari “saudara tuanya” Suara Merdeka. “Cerdas Mengupas” adalah tag-line yang diusung dengan tujuan untuk memberikan nuansa tersendiri bagi pembacanya.