Iklan

Prabowo Dilantik sebagai Presiden ke-8 RI, Ditemani Ajudan dari TNI dan Polri

Minggu, 20 Oktober 2024, Oktober 20, 2024 WIB Last Updated 2024-10-20T11:31:19Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Foto : Kolonel Inf Wahyo Yuniartoto

Jakarta,HarianWAWASAN-Prabowo Subianto secara resmi dilantik sebagai Presiden ke-8 Republik Indonesia pada Ahad (20/10/2024). Dalam menjalankan tugas-tugas kenegaraan, Prabowo akan dibantu oleh empat ajudan dari berbagai matra militer dan kepolisian, sesuai dengan tradisi presiden Indonesia.


Seperti presiden-presiden sebelumnya, Prabowo juga akan memiliki empat ajudan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), Angkatan Udara (AU), dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Para ajudan ini akan menemani presiden dalam setiap kegiatan dan membantu dalam tugas sehari-harinya.


Berdasarkan laporan dari Seputar Militer, tiga ajudan Prabowo telah dipilih melalui seleksi di Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres). Ketiga nama yang sudah dikonfirmasi adalah Kolonel Inf Wahyo Yuniartoto dari TNI AD, Kolonel Pnb Anton 'Sioux' Palaguna dari TNI AU, dan Letkol Laut (P) Romi Habe Putra dari TNI AL. Namun, identitas ajudan dari Polri masih belum diungkapkan.


Kolonel Anton Palaguna, lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 2000, dikenal sebagai penerbang pesawat tempur Sukhoi Su-27/30. Sebelum diangkat sebagai ajudan presiden, Anton pernah menjabat sebagai Asisten Operasi (Asops) di Kosekhanudnas I dan Komandan Skadron Udara 11 di Lanud Hasanuddin.


Letkol Romi Habe Putra, lulusan terbaik Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 2002, terakhir menjabat sebagai Komandan KRI Sultan Hasanuddin-366, salah satu kapal perang strategis milik TNI AL. Romi akan segera dipromosikan menjadi kolonel.


Ajudan-ajudan baru ini akan menggantikan Mayor Inf Teddy Indra Wijaya, yang sebelumnya menjadi ajudan Prabowo selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Teddy kini ditugaskan sebagai Wakil Komandan Batalyon Para Raider 328/Dirgahayu. Saat menjabat sebagai menteri, ajudan Prabowo berpangkat mayor, tetapi setelah menjadi presiden, ajudannya akan berpangkat kolonel.


Pengangkatan ajudan-ajudan ini menandai awal pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto. Meskipun nama ajudan dari Polri masih belum diketahui, para ajudan dari TNI telah siap menjalankan tugas dan mendampingi presiden dalam berbagai urusan kenegaraan selama masa jabatannya.(ANjar) 

Komentar

Tampilkan

Terkini